close [x]

Tentang Otomotif

Mesin

http://www.khulsey.com/acura_int_engine.jpeg
Mesin Bensin

Mesin bensin atau mesin Otto dari Nikolaus Otto adalah sebuah tipe mesin pembakaran dalam yang sering digunakan dalam mobil, pesawat, atau alat lainnya seperti mesin pemotong rumput atau motor, dan motor outboard untuk kapal.

Tipe paling umum dari mesin ini adalah mesin pembakaran dalam putaran empat stroke yang membakar bensin. Pembakaran dimulai oleh sistem ignisi yang membakaran spark voltase tinggi melalui busi. Tipe mesin putaran dua stroke sering digunakan untuk aplikasi yang lebih kecil, ringan dan murah, tetapi efisiensi bahan bakarnya tidak baik.

Mesin wankel dapat juga menggunakan bensin sebagai bahan bakarnya.

Satu komponen dalam mesin lama adalah karburator, yang mencampur bensin dengan udara. Di mesin yang lebih baru karburator diganti dengan injeksi bahan bakar.


Mesin Diesel

http://lh3.ggpht.com/sugeng.widodo/SAQhYCIyozI/AAAAAAAAAVE/ScM8s_0tJ-g/s400/mixedfuel.jpg
Mesin diesel adalah sejenis mesin pembakaran dalam; lebih spesifik lagi, sebuah mesin pemicu kompresi, dimana bahan bakar dinyalakan oleh suhu tinggi gas yang dikompresi, dan bukan oleh alat berenergi lain (seperti busi).

Mesin ini ditemukan pada tahun 1892 oleh Rudolf Diesel, yang menerima paten pada 23 Februari 1893. Diesel menginginkan sebuah mesin untuk dapat digunakan dengan berbagai macam bahan bakar termasuk debu batu bara. Dia mempertunjukkannya pada Exposition Universelle (Pameran Dunia) tahun 1900 dengan menggunakan minyak kacang (lihat biodiesel). Kemudian diperbaiki dan disempurnakan oleh Charles F. Kettering.

Bagaimana mesin diesel bekerja


Ketika gas dikompresi, suhunya meningkat (seperti dinyatakan oleh Hukum Charles; mesin diesel menggunakan sifat ini untuk menyalakan bahan bakar. Udara disedot ke dalam silinder mesin diesel dan dikompresi oleh piston yang merapat, jauh lebih tinggi dari rasio kompresi dari mesin menggunakan busi. Pada saat piston memukul bagian paling atas, bahan bakar diesel dipompa ke ruang pembakaran dalam tekanan tinggi, melalui nozzle atomising, dicampur dengan udara panas yang bertekanan tinggi. Hasil pencampuran ini menyala dan membakar dengan cepat.

Ledakan tertutup ini menyebabkan gas dalam ruang pembakaran di atas mengembang, mendorong piston ke bawah dengan tenaga yang kuat dan menghasilkan tenaga dalam arah vertikal. Rod penghubung menyalurkan gerakan ini ke crankshaft yang dipaksa untuk berputar, menghantar tenaga berputar di ujung pengeluaran crankshaft.

Scavenging (mendorong muatan-gas yang habis terbakar keluar dari silinder, dan menarik udara segara kedalam) mesin dilaksanakan oleh ports atau valves. (Lihat direct injection vs indirect injection untuk tipe injeksi bahan bakar). Untuk menyadari kemampuan mesin diesel, penggunaan turbocharger untuk mengkompres udara yang disedot masuk sangat dibutuhkan; intercooler untuk mendinginkan udara yang disedot masuk setelah kompresi oleh turbocharger meningkatkan efisiensi.

Komponen penting dari mesin diesel adalah governor, yang membatasi kecepatan mesin mengontrol pengantaran bahan bakar. Mesin yang menggunakan pengontrolan elektronik canggih mencapai ini melalui elektronik kontrol modul (ECM) atau elektronik kontrol unit (ECU) - yang merupakan "komputer" dalam mesin. ECM/ECU menerima kecepatan signal mesin melalui sensor dan menggunakan algoritma dan mencari tabel kalibrasi yang disimpan dalam ECM/ECU, dia mengontrol jumlah bahan bakar dan waktu melalui aktuator elektronik atau hidrolik untuk mengatur kecepatan mesin.

Mesin diesel tidak dapat beroperasi pada saat silinder dingin. Beberapa mesin menggunakan pemanas elektronik kecil yang disebut busi menyala di dalam silinder untuk memanaskan silinder sebelum penyalaan mesin. Lainnya menggunakan pemanas "resistive grid" dalam "intake manifold" untuk menghangatkan udara masuk sampai mesin mencapai suhu operasi. Setelah mesin beroperasi pembakaran bahan bakar dalam silinder dengan efektif memanaskan mesin.

Dalam cuaca yang sangat dingin, bahan bakar diesel mengental dan meningkatkan viscositas dan membentuk kristal lilin atau gel. Ini dapat mempersulit pemompa bahan bakar untuk menyalurkan bahan bakar tersebut ke dalam silinder dalam waktu yang efektif, membuat penyalaan mesin dalam cuaca dingin menjadi sulit, meskipun peningkatan dalam bahn bakar diesel telah membuat kesulitan ini menjadi sangat jarang. Cara umum yang dipakai adalah untuk memanaskan penyaring bahan bakar dan jalur bahan bakar secara elektronik.


Tipe mesin diesel

Ada dua kelas mesin diesel: dua-stroke dan empat-stroke. banyak mesin diesel besar beroperasi dalam dua-stroke cycle. Mesin yang lebih kecil biasanya menggunakan empat-stroke cycle.

Biasanya kumpulan silinder digunakan dalam kelipatan dua, meskipun berapapun jumlah silinder dapat digunakan selama muatan di crankshaft di tolak-seimbangkan untuk mencegah getaran yang berlebihan. Inline-6 paling banyak diproduksi dalam mesin tugas-medium ke tugas-berat, meskipun V8 dan straight-4 juga banyak diproduksi.


Keunggulan dan kelemahan dibanding dengan mesin busi-nyala



Mesin diesel lebih besar dari mesin bensin dengan tenaga yang sama karena konstruksi berat diperlukan untuk bertahan dalam pembakaran tekanan tinggi untuk penyalaan. Dan juga dibuat dengan kualitas sama yang membuat penggemar mendapatkan peninkatan tenaga yang besar dengan menggunakan mesin turbocharger melalui modifikasi yang relatif mudah dan murah. Mesin bensin dengan ukuran sama tidak dapat mengeluarkan tenaga yang sebanding karena komponen di dalamnya tidak mampu menahan tekanan tinggi, dan menjadikan mesin diesel kandidat untuk modifikasi mesin dengan biaya murah.

Penambahan turbocharger atau supercharger ke mesin meningkatkan ekonomi bahan bakar dan tenaga. Rasio kompresi yang tinggi membuat mesin diesel lebih efisien dari mesin menggunakan bensin. Peningkatan ekonomi bahan bakar juga berarti mesin diesel memproduksi karbon dioksida yang lebih sedikit.



Solar Mahal Pakai “Irex”?


Kenaikan harga bahan bakar khususnya solar menimbulkan gejolak sampai menimbulkan demonstrasi dimana-mana. Yang mengherankan adalah bukan demonstrasi pengerahan masa untuk menurunkan harga, akan tetapi “demonstrasi” merusakan mobil, baik oleh pemilik mobil itu sendiri maupun “dibohongi” oleh pengecer solar sepanjang jalan, dengan janji bahwa solar yang ditawarkan memiliki keunggulan, mesin lebih berenaga dan tokcer. Bagi pemilik mobil yang mengaplos mungkin disebabkan oleh ketidaktahuan. Memang benar dalam jangka waktu pendek tenaga mesin tampaknya bertambah, namun dampak pada mesin bisa merusak.

Bahan bakar diesel biasanya disebut “light oil” atau solar adalah hasil destilasih setelah bensin dan minyak tanah yang terbakar spontan pada 350 derajat celsius. Oleh karena itu solar memiliki persyaratan, mudah terbakar, tetap encer kendati dingin, memiliki daya pelumasan, memiliki kekentalan memadai dan memiliki sedikit kandungan sulfur. Biaya pembuatan solarpun lebih mahal dibandingkan dengan minyak tanah maupun bensin.

Apa dampak solar dicampur dengan minyak tanah minyak bakar pada mesin mobil? Bila solar digunakan untuk kompor sumbu, maka nyalahnya tidak sampai biru seperti minyak bakar karena solar mengandung pelumas.Minyak tanah tidak mengandung pelumas. Karena tidak mengandung bahan pelumas maka minyak tanah bila digunakan pada mesin diesel akan merusak beberapa bagian mesin, seperti; bosh- pom, injektor, piston dan ring piston.

Mengapa demikian? Minyak tanah yang sering kita gunakan untuk lampu petromax, dalam jangka waktu tertentu meninggalkan karbon di tiang lampu petromax. Oleh karena itu kita harus membersihkan, mengkorok, setelah itu baru lampu nyala normal kembali. Demikian pula bila minyak tanah masuk keruang kompresi, sisa karbon tersebut masuk ke cela- cela, suatu saat akan membuat ring piston macet. Selain itu, akibat pembakaran yang tidak sempurna, maka sisanya akan masuk ke karter dan bercampur dengan oli mesin. Oli yang mengandung campuran tersebut akan mempercepat ausnya bearing pada crank shaft (kruk as.

Untuk mendapatkan tekanan tinggi penyemprotan solar (115 – 175 kg/cm2) maka dibutuhkan pompa yang sangat presisi. Minyak tanah bercampur solar, akan merusakan boshpom. Padahal piston yang naik dan turun tersebut tidak dilumasi secara khusus dengan oli, melaingkan menggunakan solar itu pula sebagai pelumas. Kita bayangkan pompa dragon yang ada di sumur, suatu saat kita gunakan untuk memompa air yang bercampur dengan lumpur, akibatnya dalam waktu yang tidak lama karet dan selinder pompa dragon tersebut akan rusak, dan tidak mampu lagi untuk memompa air. Hal serupa bila bahan bakar solar dicampur dengan minyak tanah, komposisi pelumasnya berkurang, akibatnya piston dan selinder ikut aus dan dalam waktu tertentu akan terjadi panas dan pelunyer menjadi macet serta mobil mogok.

Penggunaan campuran solar dan minyak tanah berdampak sangat buruk terhadap mesin. Biaya turun mesin, memperbaiki boshpom dan terjadinya mobil mogok ketika sedang bekerja sangat merugikan. Oleh karena itu, jangan sekali- kali mencampur minyak tanah dengan solar.

SISTEM KEMUDI RINGAN,


SAMA seperti perangkat penyejuk udara (AC) yang kini sudah merupakan perlengkapan standar mobil penumpang, begitu pula power steering. Perangkat power steering ini sudah menjadi perlengkapan standar pada beberapa merek mobil.
Selain itu, kini ada kecenderungan, mobil penumpang kecil sekalipun sudah dilengkapi power steering. Dengan perangkat power steering, sistem kemudi dapat digerakkan dengan ringan.


Tidak mengherankan bila perlengkapan power steering segera dijadikan bagian promosi yang ingin menggambarkan keunggulan produk mobil.
Dalam berbagai percakapan, muncul keluhan dari pengemudi, bahwa stang kemudi terasa berat bila kendaraan tidak dilengkapi power steering. Stang kemudi itu lebih terasa berat bila pengemudi akan memarkir kendaraannya, apalagi bila ban mobil sudah diganti dengan ukuran yang lebih besar dan lebar. Maklum, permukaan ban yang lebih lebar itu menyebabkan kemudi menjadi lebih berat. Karena itu, perlengkapan power steering yang dulu hanya dipasangkan bila ada permintaan khusus dari pemilik, kini sudah menjadi perlengkapan standar.

Cara kerja kemudi
Semua mobil pasti dilengkapi dengan kemudi. Cara kerjanya bermula dari roda kemudi (stir). Roda kemudi yang diputar pengemudi di tengahnya ada as utama yang menjulur ke ruang mesin. Lewat as utama yang ada di tengah- tengah roda kemudi, gerakan itu akan sampai ke kotak gigi
kemudi (gear box), dan akan bereaksi memutar sistem stir. Baik pada sistem stir gear box maupun rack and pinion, keduanya membutuhkan as utama. As ini bisa terpotong-potong menjadi beberapa bagian tergantung situasi ruangan yang ada di ruang mesin. Bagi Jeep, as berkemungkinan

berbentuk sebuah batang panjang karena ruangan cukup longgar. Namun bagi mobil dengan penggerak roda depan (Front Wheel Drive), kita jumpai bisa dipotong menjadi tiga bagian. Satu sama lain disambung dengan semacam kros join. As dipotong-potong karena perlu ditekuk-tekuk, disesuaikan situasi ruangan mesin.
Dengan adanya roda kemudi (stir), as utama dan kotak roda gigi penggerak, maka ban dan roda mobil bisa berputar sesuai kehendak pengemudinya.
Dalam perkembangannya, kemudi terus mengalami perubahan. Dari waktu ke waktu, tuntutan akan kemudahan dan kenyamanan terus meningkat. Demikian halnya dengna sistem kemudi mobil. Teknologi pengoperasiannya juga terus dikembangkan. Kemudi yang semula menggunakan kotak roda gigi, kini banyak yang menggantinya dengan sistem rack and pinion yang lebih responsif dan ringan. Meski cara kerja kemudi rack and pinion ini sudah ringan, namun dirasakan belum cukup. Masih terasa berat, khususnya bila mobil hendak diparkir di tempat sempit. Maka pilihan jatuh pada power steering, untuk meringankan pemutaran roda kemudi.

Pertanyaan yang muncul, apakah mobil-mobil lama bisa ditambahi power steering, sehingga tidak kalah nyaman dibanding mobil baru lainnya?
Perlu diingat, setiap kenyamanan membutuhkan tambahan biaya, baik untuk mengubah maupun saat pengoperasian. Juga pemilik mobil ber-power steering harus menyediakan biaya ekstra bila alat itu mengalami kerewelan, dan harus siap bila pemakaian bahan bakar meningkat.
Penggunaan power steering menggunakan tenaga langsung dari poros engkol. Pompa power steering yang langsung menggunakan tenaga putaran poros engkol (kruk-as) ternyata menyedot cukup banyak tenaga mesin. Dengan demikian, penggunaan bahan bakar pun meningkat sekitar 10 persen.

Cara kerja power steering amat sederhana. Perpindahan fluida (minyak power steering) akibat tekanan pompa. Fluida yang berpindah dari satu sisi ke sisi lain mengebabkan pergeseran kedudukan gigi pada sistem roda gigi kemudi. Pergeseran inilah menggerakan roda ke kiri atau kekanan sesuai kehendak pengemudi mobil.

Dua macam kemudi
Selama ini, mobil-mobil yang beroperasi di jalan raya di Indonesia menggunakan dua jenis sistem penggerak power steering. Pertama sistem yang mekanisme penggerak power steering-nya lewat pompa hidraulik, dan kedua menggunakan sistem elektronik. Kedua sistem ini diterapkan dengan baik untuk kemudi yang menggunakan gear box maupun pada stir yang menggunakan rack and pinion.
Dari kedua sistem kemudi, rack and pinion dan sistem kotak roda gigi, kini yang banyak digunakan adalah sistem rack and pinion.

Pemasangan "power steering"
Dari kedua sistem kemudi yang ada, sistem kemudi yang menggunakan kotak roda gigi lebih mudah ditambahi power steering. Namun ini bukan berarti tidak ada kesempatan bagi yang menggunakan sistem kemudi rack and pinion, karena mobil yang menggunakan sistem ini, biasanya tersedia pula power steering yang sudah didesain dan tinggal pasang.
Maka perbedaan pada keduanya adalah, bagi model kotak roda gigi kemudi bisa dipasangkan pada semua jenis mobil sedangkan model rack and pinion hanya pada mobil yang sama. Seandainya bisa pun, membutuhkan banyak perubahan.

Berbeda dengan power steering cara kotak roda gigi, pada model ini, perubahannya cukup sampai ke kotak roda gigi, tidak sampai ke tangkai penggerak roda. Maka model inilah yang paling banyak dipakai untuk mengubah mobil dari tanpa power steering menjadi berpower
steering.

"Power steering"
kotak roda gigi
Cara pemasangannya pun lebih mudah, dan yang penting carilah bengkel yang mampu memasang power steering dengan baik. Tanyakan dengan rinci, mungkin tidaknya mobil Anda dilengkapi power steering. Untuk mobil bermodel bonet, di mana mesin mobil ada di bagian depan sopir, power steering lebih mudah dipasangkan, dibanding mobil yang mesinnya terletak di bawah jok pengemudi. Ruangan yang sempit, sering mengakibatkan kegagalan pemasangan power steering.

Setelah mendapatkan perangkat power steering yang cocok, baik bentuk dan besarnya nyaris sama dengan kotak roda gigi kemudi yang lama, biasanya pekerjaan penggantian bisa dimulai. Penting bagi para teknisi adalah membuat kedudukan perangkat power steering yang pas dan
kokoh. Dudukan kotak roda gigi kemudi harus kuat dan tidak kocak agar tidak terjadi kelonggaran saat mengemudikan mobil. Kelonggaran pada sistem kemudi bisa menyebabkan mobil tidak stabil.

Antara roda kemudi ke kotak roda gigi kemudi biasanya diadakan pengurangan panjang as utama. Bagian ini akan dipotong dan dipasang kembali dengan penyambung. Beruntung bagi Anda yang mobilnya dilengkapi kopling karet atau kros join antara as utama dengan kotak roda gigi kemudi, karena upaya memotong dan mengubah penyambungan bisa dilakuka ndengan lebih muda.

Kondisi ini dapat dijumpai pada Kijang lama, dan dapat lebih mudah dibedakan pada tangkai pemindahan gigi transmisi. Tangkai yang bengkok menggunakan kotak roda gigi, sedangkan tangkai yang lurus, sudah menggunakan rack and pinion.

Anda juga harus menghitung akibat pemasangan power steering, bila dilakukan tidak tepat. Selain pemasangannya harus kokoh, juga perlu diperhatikan panjang tali kipas dan simetrisnya tali kipas, agar kerja pompa tidak mengganggu mesin. Umumnya, untuk menggerakkan pompa power steering dipasangkan tambahan puli pada poros engkol. Puli pada poros engkol juga mempengaruhi ringan beratnya power steering sekaligus mempengaruhi pemakaian bahan bakar. Puli pada poros engkol yang besar menyebabkan pemakaian bahan bakar lebih banyak dibanding puli yang lebih kecil. Maka bagi bengkel yang sudah berpengalaman, secara rinci akan menawarkan kepada Anda pilihan yang terbaik. Puli poros engkol yang lebih kecil bisa menghemat bahan bakar sampai 12 persen.

"Rack and pinion"
Bila dilihat dari cara kerjanya, sistem rack and pinion lebih sederhana, begitu pula tampilan fisiknya. Bagi yang mengetahui cara kerja hidraulik, dengan mudah bisa memahami cara kerja sistem rack and pinion. Pompa yang mampu memberi tekanan yang besar, memudahkan
pergerakan stir. Cara memindahkan oli dari satu sisi ke sisi lain, bisa menggerakkan stir ke arah mana yang akan dituju.

Meski tampilannya sederhana, komponen yang stu ini peka terhadap kebocoran. Seperti cara kerja hidraulik, keutamaannya ada pada sekat yang menjamin tidak terjadi kebocoran. Bila terjadi kebocoran, maka sistem power steering pun rewel.

Bagi mobil-mobil keluaran setelah tahun 1991, misalnya Kijang Grand maupun Super Kijang G, umumnya sudah menggunakan rack and pinion. Karena itu, untuk mobil-mobil ini lebih mudah dilengkapi dengan power steering, karena tinggal melepas model kemudi lama dan memasang kemudi model power steering, dan kedudukannya pun tidak berubah.

Elektrikal
Cara kerja power steering juga dapat dikatakan sederhana. Power steering yang dipasang pada Mazda van Trend, digerakkan oleh sebuah motor listrik. Pada roda kemudi, diputar motor yang akan membantu mendorong as utama, sehingga roda kemudi terasa lebih ringan. Maka prinsipnya sama dengan cara kerja hidraulik, dan yang membedakan hanya penggeraknya. Yang satu menggunakan tenaga poros engkol, yang lain menggunakan arus listrik altenator yang tersimpan di aki.

Pertanyaannya, bisakah dipasang pada mobil Anda? Secara teoritis salah satu dari ketiga contoh itu dapat dipasangkan pada mobil Anda. Tinggal, apakah ruangan dan konstruksi memungkinan komponen itu dipasang pada mobil Anda. Para teknisi dengan mudah bisa memasang asal Anda bersedia menerima perubahan pada mobil Anda.

Perbaikan Power Steering


Kalau sistim power steering bocor khususnya dibagian bawa maka penyebabnya adalah seal oli rusah. Untuk mengganti dengan seal kit yang baru perlu alat khusus. Teknisi tidak bisa kerja tanpa alat ini. Kalau salah, seal rusak dan mesti ganti seal baru lagi. Mahal lagi. Kalau beli kit yang orisinil, karena yang imitasi tidak tahan lama, menggantinya repot lagi.
Untuk menghindari percepatan kerusakan maka harus mengganti secara teratur oli power steering setiap 20.000 km.

Ingin Pasang ABS pada Zebra 1995


Pak dedHI, apakah mobil Daihatsu Zebra 1995 dapat dilengkapi dengan ABS. Apakah penambahan alat tersebut cukup bermafaat atau malah mubasir dan kira- kira berapa biayanya serta rumitkah untuk memasangnya? Apa untung dan ruginya menambah cairan octan booster pada bensin? Kaslasu hendask mencuci mobil, bagian apa saja yang tidak boleh kena air? Agus Widarto 081 5651 88XX.

Kalau dilihat dari Fax, nampaknya teman kita ini dari Hagabank Semarang. Terima kasih atas Fax Anda. Tentang ABS ceriteranya panjang, bisa diumpamakan seperti kondisi rumah. Kalau dirumah belum ada jaringan listrik PLN, maka perlatan seperti VCD, TV, Kulkas dan semua peralatan yang membutuhkan sumber tenaga listrik tidak bisa dimanfaatkan. ABS pada mobil adalah satu bagian yang ikut digerakan oleh ECU (Electronic Computer Unit).
Setelah mobil memiliki ECU, maka pada setiap roda harus ada sensor. Sensor melakukan tugas memberikan informasi tentang putaran roda ketika pengereman terjadi kepada ECU. Setelah dikelolah ECU, maka komputer memerintahkan kepada actuator, komponen mobil seperti pompa untuk mengirimkan/ mendistribusikan oli rem bertekanan, yang pasti berbeda- beda sesuai dengan kebutuhan setiap roda ke tiap-tiap roda. Inilah penjelasan singkat dan bila ingin memasangkan ABS kepada Zebra maka pekerjaan itu akan memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Bila dilihat manfaatnya, jelas ada. Untuk menjaga agar mobil tidak slip sehingga berputar membalik arah ketika pengereman mendadak khususnya pada mobil yang dipacu pada kecepatan tinggi dan pengereman mendadak. Cuman, keinginan untuk dipasangkan pada Zebra 95, pertanyaannya apakah cucuk?

Penambahan oktan booster, memang bermanfaat, karena dengan demikian oktan bahan bakar menjadi lebih tinggi. Kalau oktan bahan bakar tinggi, dan bila mesin distel sesuai dengan oktan tersebut, maka mesin menjadi lebih bertenaga dan jarak tempuh menjadi lebih jauh, singkatnya hal ini akan meningkatkan kenyamanan. Yang penting dikalkulasi, dibandingkan dengan jarak tempuh dan harga apakah bisa lebih hemat. Kerugiannya, biasanya octan booster ada kimia beracun yang menambah polusi udara yang kita hirup.

Kalau hendak mencuci mobil, bagian yang paling penting yang tidak boleh kena air artinya harus kering (kalau toh kena air asal bisa dikeringkan pakai kopresor) adalah, kabel- kabel tegangan tinggi disekitar koil, busi, kabel dan distibutor. Ada 3 sampai 4 kabel di koil, yang bisa terjadi sort (korsluiting), oleh karena itu tidak boleh ada air disekitarnya. Bagi mobil lama, dimana seal sudah rusak, distributor yang kena air bisa merepotkan. Karena bisa terjadi pengembunan didalamnya, oleh karena itu jangan menyemprotkan air langsung ke distributor (delko). Ujung kebel busi yang menyambung ke busi juga harus kering, bila tidak akan terjadi sort.

Mencari Penyebab Mogok.



Suatu ketika, bila Anda memutar kunci kontak ternyata motor starter bisa berputar seperti biasanya namun mesin tidak mau hidup. Berputarnya mesin itupun karena tenaga aki masih penuh. Beberapa kali sudah memutarkan kontak kearah start , namun mesin tetap tidak mau berputar. Kejadian seperti ini penyebabnya ada dua. Pertama, walaupun kontak sudah pada posisi start namun arus listrik tidak sampai ke platina. Kedua bisa jadi bensin habis atau ada masalah dengan karburator. (Pembahasan ini terbatas pada mesin yang masih menggunakan karburator dan platina).

Untuk mengetahui apakah sistim pengapian mesin berfungsi, Anda bisa lakukan pengujian sebagai berikut. Cabutlah kabel busi nomer ( 1) kemudian dekatkan pada blok mesin dengan jarak sekitar 1 cm. Bersamaan dengan itu kontak diputar pada posisi start. Ketika mesin berputar, seharusnya ada percikan api. Bila percikan api masih terjadi walaupun kabel busi sudah dijauhkan lebih dari 1 cm, kondisi itu membuktikan bahwa unjuk kerja platina dalam kondisi bagus. Bila terjadi sebaliknya, bahkan sudah didekatkan sampai 5 mm tidak menunjukan adanya percikan api, hal ini menunjukan ada masalah dengan platina atau jaringan system penyalaan mesin.
Mobil- mobil yang masih menggunakan system platina, rentang gangguan pada sistim penyalaan mesin khususnya pada platina. Sesunggunya mencari sumber penyebabnyapun tidaklah terlalu sulit, asal kita memiliki sedikit pengetahuan dan dilengkapi dengan alat untuk mencari sumber penyebabnya. Bisa menggunakan multi meter, bisa juga menggunakan sebuah test pen yang sudah diubah dan diganti dengan bolp kecil berkekuatan 12 V menjadi test pen.

Bila dari hasil pengujian menunjukan kabel busi nomer (1) tidak ada percikan api, maka sekarang gunakan testpen untuk menelusuri penyebabnya ke terminal nomer (5). Kancingkan salah satu ujung dari testpen ke blok mesin (karena disitu ada arus negative aki), sambil ujung yang lain disentuhkan pada kabel nomer (5). Ketika melakukan pengujian ini, kunci kontak pada posisi on. Bila diujung sini tidak ada arus aki, maka pencarian harus mundur lagi. Cari tempat sekring (fuse) yang bertulisan ignation . Lekatkan ujung kabel testpen pada salah satu baut yang ada pada body mobil dan kemudian ujung testpen disentuhkan pada kedua ujung sekring. Kedua ujung sekring harus mengeluarkan sinar, bila hanya satu yang bersinar, maka dapat dipastikan sekringnya sudah putus. Gantilah sekring yang baru, dan dapat dipastikan mobil dapat start dan normal kembali.

Selain sekring, masih ada penyebab lain yang membuat mesin tidak mau hidup. Hasil pengujian yang menunjukan kabel busi nomer satu tidak mengeluarkan percikan api bisa disebabkan oleh resistor yang ada pada koil sudah rusak. Untuk mengetahui apakah apakah resistor masih baik, letakan testpen pada lokasi nomer (5). Bila menunjukan sinar yang terang dan kemudian testpen diletakan pada posisi nomer (3) sinarnya suram, hal ini menandakan sudah perlu diganti. Kesulitan menghidupkan mesin pada pagi hari, sering kali disebabkan oleh bahagian ini. Untuk lebih memastikan apakah bagian ini sungguh sebagai penyebabnya, maka ambilah sepotong kabel lalu hubungan terminal nomer (5) dan terminal nomer (3), atau lepaskan terminal nomer (5) dan pindahkan ke terminal nomer (3). Bila mesin dapat hidup secara normal maka Anda tinggal mengganti resistor baru. Kebanyak mobil, kini memasangkan resistor langsung kedalam koil, maka pengetesan seperti ini tidak bisa dilakukan.

Mobil yang menggunakan platina, gangguan pengapian yang paling sering dialami adalah terjadinya penumpukan kotoran (tumpukan karbon) atau permukaan platina benjol tidak rata sehingga arus ke koil menjadi sangat kecil. Untuk memperbaiki kondisi ini, biasanya cukup dengan mengambil selembar kecil kertas pasir (amril) dan digosokan pada kedua permukaan platina tersebut, dengan cara meletakan amrir anatar kedua permukaan platina. Setelah permukaannya rata, pastikan bahwa permukaannya tidak ada pasir. Bila ada pasir maka arus tidak bisa sampai ke koil. Gunakan sepotong kain dan gosokan ke kedua permukaan platina tersebut.

Dengan memerikasa sekring, memeriksa resistor koil dan membersikan permukaan platina diharapkan mobil anda dapat normal kembali. Jangan menggunakan motor starter lebih dari 30 detik dan berulang kali, bila mesin tidak mau hidup. Karena akan menyebabkan kerusakan pada motor starter.

JANGAN BIARKAN AIR MENETES



Tubuh manusia membutuhkan air bahkan lebih dari itu tubuh kita ini lebih banyak airnya. Walaupun pada mesin, air tidak sebanyak itu, peranan air sebagai pendingin sangatlah besar. Air digunakan untuk menjaga agar suhu mesin tidak bergerak semakin tinggi. Karena panas yang berlebihan jelas akan merusak semua bagian dari mobil, terutama pada mesin dan instlasi listrik.

Walaupun ada pula mesin yang menggunakan udara sebagai pendingin, tetap saja pendingin dengan menggunakan air lebih populer, cara inilah yang banyak digunakan karena lebih efektif.
Agar pekerjaan mendinginkan mesin optimal maka pada mesin mobil dilngkapi juga dengan antara lain:

1. Radiator. Letaknya ada di depan mobil. Meletakan radiator di depan mobil dimaksudkan agar waktu berjalan bagian ini mendapat udara yang cukup dan udara bisa mengalir lancar untuk mendingin­kan air yang ada di dalammya. Air yang sudah dingin akan dia­lirkan kembali ke ruang mesin yang temperaturnya tinggi.

Ada 2 macam gangguan pada radiator. Pertama terjadi kebocoran yang ditandai dengan adanya air yang menetes dan kedua radiator ter­sumbat krak-krak air. Kedua gangguan ini menyebabkan mesin panas seperti yang ditunjukan pada meter indikator di depan sopir.
Gangguan ini dengan mudah dapat dibereskan oleh tukang radiator. Pipa radiator yang berwarna hitam menghubungkan radiator dengan mesin dan pompa air. Pipa yang sudah membesar sampai satu setengah kali, seharusnya sudah diganti dengan baru karena kalau dibiarkan bisa pecah disaat Anda menikmati perjalanan.

3. Pompa air letaknya di depan dari mesin. Untuk menggerakan pompa air di gunakan putaran dari kruk as dengan perantara tali kipas. Dengan pompa ini air bisa dipompakan dari radiator ke mesin dan sebaliknya. Gejala pertama kerusakan pada pompa air adalah bunyi bearing disaat mesin hidup. dan akan semakin jelas bila Anda menggunakan sebatang besi yang ujungnya didekatkan
antara pompa tersebut dan telinga. Kalau gejala ini tidak lang­sung diperbaiki maka akan mengakibatkan berkurangnya persediaan air.
Banyak pompa air yang tidak bisa diperbaki, artinya kalau rusak harus diganti dengan baru secara lengkap. Sebaliknya pada sebagian mesin lama bisa diganti sebagian seperti bearing dan seal. Seal pompa air inilah yang menjaga agar air tidak bocor walaupun pompa air tersebut berputar.

4. Thermostad adalah bagian dari sistem pendingin mesin mobil. Bagian mesin ini tidak terlihat dari luar artinya kalau mau tau bentuknya harus membuka bagian yang melindunginya. Letaknya biasanya dekat dengan pompa air dan radiator. Bagian ini jarang rusak, yang sering terjadi adalah sebagian pemilik mobil minta agar bagian ini dilepas saja karena mesin panas. Tindakan ini keliru. Penyebab mesin panas bukan karena adanya themostat, tetapi terjadi panas bisa jadi karena tanaga mesin yang diberi beban berlebihan, seperti mesin kecil dibebani dengan kompresor ac yang lebih besar. Thermostat berfungsi menjaga agar temperatur mesin konstan. Pada mesin yang sudah tidak memiliki thermostat lagi, saat mesin turun gunung atau hujan, temperatur mesin cen­derung dingin dan sebaliknya pada tanjakan menjadi panas kembali. Perubahan temperatur yang terus menerus ini berakibat buruk pada mesin. Umur pakai mesin bisa lebih singkat. Maka kalau mesin mobil Anda panas bukan cara terbaikmelepaskanthermostat. Cari­lah penyebabnya dengan menghubungi teknisi bengkel.

5. Tutup Radiator jangan dianggap seperti tutup botol. Fungsi tutup radiator lebih dari itu. Ada klep di bagian ini yang kalau terjadi tekanan lebih akibat air panas, melepaskan uap air ke reservoir (tampungan air). Karena di reservoir temperatur airnya lebih dingin maka uap itu lantas berubah menjadi air yang nan­tinnya kalau mesin mobil mati dan mulai dingin kembali, air akan terisap kembali ke ruang mesin akibat perbedaan tekanan. (kevakuman tekanan udara). Anda diminta waktu menam­bah air mesin. Tidak perlu menambah air lewat tutup radiator. Air cukup ditambah lewat reservoir yang transparan itu. Kalau membuka tutup radiator nanti ada udara diatas radiator.

6. Pada waktu tertentu Anda perlu mengganti air mesin. Lakukan pekerjaan itu saat mesin sudah dingin. Lepaskan penyumbat yang ada pada bagian bawa radiator, dan baut penyumbat yang ada pada sisi blok mesin, biarkan air terkuras sampai habis. Masukan air lewat tutup radiator, gunakan selang air dan biarkan air terus mengalir sampai air buangannya sudah jernih. Air yang kotor akan menyebabkan kerusakan pada bagian- bagian pendinginan mesin dan bagain dalam mesin.

"TURBOCHARGER" YANG MANJA



WARNING! After running the engine using high RPM or long trip; Do not turn off the engine wait for a few minutes for the engine to cool down.

PERINGATAN berbahasa Inggris ini dengan mudah akan dijumpai pada hampir semua kendaraan pribadi yang menggunakan turbocharger di Amerika atau negara lain. Mengapa demikian? Menurut pabrik pembuat turbocharger, mesin harus dibiarkan hidup sampai dua menit, agar as dan sisi-sisinya yang langsung bersinggungan dengan gas buang yang bertemperatur mencapai 900 derajat Celsius berkesempatan untuk didinginkan oleh sirkulasi oli mesin dan air. Tanpa oli dan air, turbocharger akan kekeringan akibat panas dan bisa tidak bekerja alias macet.
Ketika Toyota memperkenalkan Land Cruiser Diesel bulan Mei lalu, masyarakat pecinta kendaraan "keras" ini seolah-olah dirangsang untuk mengetahui lebih banyak tentang kendaraan itu. Dan ini adalah suatu hal yang amat wajar. Penampilannya yang besar, gemuk, dan kelihatan kokoh ini, memang memberi kenyamanan tersendiri. Suaranya tidak terlalu berisik, bila dibandingkan dengan
mesin diesel lainnya. Akan tetapi, berbagai keistimewaan yang terkandung di dalamnya, justru sering mengundang pertanyaan. Mengapa mesinnya bisa sedemikian halus, getarannya amat kecil, dan tenaga mesinnya begitu besar?

"Turbocharger"
Banyak orang menduga, berbagai keistimewaan itu - lebih-lebih dengan tenaga yang begitu besar dan larinya yang amat kecang - lebih disebabkan oleh adanya turbocharger.
Turbocharger merupakan peralatan yang dimaksudkan untuk menambah output mesin (tenaga) dengan memasukkan udara ke mesin lebih banyak, sesuai dengan bertambahnya bahan bakar yang digunakan untuk pembakaran. Karena itu, tenaga output mesin dapat bertambah, dengan naiknya tekanan pembakaran rata-rata, tanpa menaikkan putaran mesin.
Di dalam peralatan turbocharger ini terdapat komponen yang disebut turbine wheel dan compressor wheel (impeller wheel), dipasang pada poros yang sama. Gas buang dari exhaust manifold mengalir ke turbine wheel, dan tekanan gas buang itu memutar turbine wheel. Bila turbine wheel berputar, compressor wheel yang dipasang pada prosos yang sama, juga berputar, mendorong udara masuk.

Namun, hadirnya turbocharger ini sekaligus juga melahirkan rasa was-was di antara para teknisi. Alasannya, pada tahun 1980-an lalu, juga muncul mobil-mobil jenis sedan yang dilengkapi dengan turbocharger.

Sebetulnya, bagian mesin yang satu ini, turbocharger, bukan lagi barang baru. Para perencama mesin, baik mesin bensin maupun mesin diesel, sudah bertahun-tahun mengembangkan sistem ini. Bagian yang memanfaatkan tekanan dari gas buang ini, dengan sendirinya terletak sangat dekat dengan pipa gas buang dengan panas yang bisa mencapai 900 derajat Celsius. Suatu panas yang amat tinggi, dan mempunyai potensi untuk merusak bearing, seal maupun as yang
berputar pada sistem turbocharger. Maka yang penting bagi para pemakai turbocharger adalah mengikuti petunjuk dari pabrik pembuatnya.

Cara kerja
Tekanan gas buang yang lewat knalpot digunakan untuk memutar turbin, lalu ujung lain dari turbin memutar kompresor untuk menekan udara yang lebih banyak masuk ke ruang bakar dalam jumlah yang "ideal". Masuknya kebutuhan udara yang ideal dan maksimum, menurut perbandingan udara dan bensin atau solar, akan menghasilkan daya mesin yang maksimal. Tanpa turbocharger udara memang akan masuk juga, namun hanya mengandalkan daya isap dari mesin. Cara konvensional ini umumnya bisa kita jumpai pada mobil-mobil yang beroperasi setiap hari di jalan raya.

Untuk menaikkan volume udara yang masuk ke ruang mesin, ada cara lain, yaitu dengan mengembangkan sistem udara masuk ke mesin. Ditambah alat seperti Cyclone, bisa digunakan untuk menambah volume udara yang masuk atau paling tidak mengarahkan udara ke ruang mesin, dan ini bisa menaikkan tenaga mesin.

Kita juga bisa menjumpai mesin yang semula hanya dua klep setiap silinder, kini sudah menjadi empat klep untuk setiap silinder. Dengan memperbanyak klep (multi valve), diharapkan udara yang masuk ke ruang bakar bisa lebih banyak.

Secara teoritis, memasang sebuah turbin pada sistem gas buang mobil, kelihatannya sederhana. Namun pada kenyataannya tidak semudah yang dibayangkan, karena konstruksi harus bisa aman terhadap temperatur yang amat tinggi. Karena itu, penambahan turbin pada sistem gas buang, khususnya pada mobil-mobil yang dipakai sebagai kendaraan pribadi, membutuhkan perhatian istimewa, karena seringnya menghidup-matikan mesin. Mengapa? Selain itu, mengapa turbocharger yang dipasang pada kendaraan berat dan bus-bus, jarang mengalami kerewelan?

Secara sederhana, pada kendaraan berat dan bus-bus, frekuensi mengidupkan dan mematikan mesin tidak terlalu sering, sehingga pelumasan dan pendinginan turbin berjalan lancar. Mesin mobil bisa dihidupkan berjam-jam, meski kendaraan tidak bergerak, atau berhenti (stasioner).
Selain itu, banyak bus juga sudah menggunakan turbocharger sejak tahun 1980-an. Bahkan, alat-alat berat seperti buldozer juga sudah sejak lama menggunakannya. Lalu timbul pertanyaan, untuk menambah volume udara yang masuk, mengapa tidak menggunakan udara dari kompresor yang dipasang pada puli kruk as? Suatu saat, mungkin cara ini akan digunakan juga. Harus ditemukan cara pengaturan secara elektronik, sehingga usaha memasukkan sejumlah udara yang ideal bisa terpenuhi. Seandainya, udara dipompakan terus menerus, maka tekanan akan makin meningkat dan pembakaran akan menjadi lebih besar, yang pada akhirnya justru akan merusak mesin.

Beberapa saran
Berikut ini disajikan beberapa saran dan petunjuk bagi Anda yang menggunakan turbocharger.

1. Mengingat temperatur bisa mencapai 900 derajat Celcius dan putaran as turbocharger amat tinggi - bisa mencapai 150.000 rpm, maka bagian ini membutuhkan perhatian khusus. Kesalahan dalam menggunakannya peralatan ini berakibat kerusakan. Khususnya cara mendinginkan turbocharger. Meski pada dinding-dinding turbocharger sudah dilewati air dan atau oli yang dimaksudkan untuk mendinginkan bagian yang panas, namun berhentinya mesin secara mendadak justru membuat pompa air dan oli berhenti bekerja. Bila kedua pompa itu berhenti, sirkulasi air dan oli pun terhenti. Akibatnya, pendinginan turbocharger menjadi tidak sempurna. Air dan oli yang jumlahnya amat sedikit di ruang turbocharger justru bisa berubah menjadi mendidih. Bahkan, amat mungkin terjadi, oli yang mendidih akan mengerik dan menjadi kerak yang pada akhirnya menghambat kerja turbocharger atau membuat as turbin bengkok.

Karena itu, penting mengikuti petunjuk pabrik mobil. Perhatikan stiker atau pemberitahuan apapun yang merupakan warning atau peringatan mengenai langkah-langkah yang harus diikuti bila akan mematikan mesin. Untuk itu, setelah mengadakan perjalanan jauh, jangan segera mematikan mesin mobil, ketika kendaraan sudah sampai tujuan. Tunggu antara 60 detik - 120 detik, agar proses pendinginan bisa berjalan baik. Secara rinci, bisa dilihat pada Tabel 1.

2. Oli mesin. Pada mobil yang menggunakan turbocharger, oli mesin bersinggungan langsung dengan dinding exhaust manifold yang panas, karena oli mesin digunakan untuk mendinginkan turbocharger. Hal ini menjadikan oli mesin berfungsi ganda. Dengan demikian, kualitas oli harus dijaga. Oli yang tidak sesuai atau bermutu rendah, akan mempercepat kerusakan turbocharger. Untuk itu, jangan sembarang memasukkan oli ke mesin, apalagi bila menggunakan oli hasil daur ulang. Kepada Anda disarankan mengganti oli mesin hanya pada bengkel dealer, pompa bensin atau langsung ke agen oli Pertamina. Gunakan oli dengan API service CD atau yang lebih di atasnya seperti CE atau bahkan CF. Kemudian setiap 5.000 km mengganti oli mesin dan setiap 10.000 km mengganti filter oli.

3. Hidupkan mesin dan tidak langsung digas, atau langsung di-blayer. Biarkan RPM mesin idle (rendah) dalam waktu 30 detik. Meski kondisi ini sudah dianjurkan kepada semua pemakai mobil, namun bagi mesin yang menggunakan turbocharger, hal ini tidak bisa diabaikan. Menurut perhitungan, selama 30 detik, pompa oli mempunyai waktu yang cukup untuk memompa oli guna melumasi bagian mesin, terutama bearing yang terpasang pada turbocharger yang terletak jauh dari pompa.

4. Setelah mengganti oli mesin dan filter, usahakan mesin hidup di tempat untuk beberapa saat, tidak langsung menjalankan mobil. Karena, setelah mengganti oli dan filter oli, dibutuhkan cukup waktu untuk sirkulasi oli, mengingat oli terkuras habis dan ruang yang tadinya kosong terisi udara.

5. Hindari mesin dipacu setelah seharian hanya diparkir. Panaskan mesin sampai temperatur kerja dan setelah itu silahkan Anda memacu kembali mobil Anda.


6. Mengapa mobil yang menggunakan turbocharger tidak boleh dimatikan segera dan harus dibiarkan idle rpm rendah selama 1 - 2 menit? Seperti telah disinggung pada permulaan tulisan ini, gas buang bersuhu sampai 900 derajat Celsius pada putaran mesin yang tinggi, sebaliknya pada saat mobil Anda parkir dan idle rpm-nya rendah, suhu gas buang bisa langsung turun menjadi 300 derajat Celsius. Sedangkan gas buang dengan tekanan yang tinggi dan suhu yang mencapai 900 derajat Celsius itu digunakan untuk menggerakan turbocharger lewat sebuah poros. Karena itu biarkan mesin berputar perlahan, sambil poros turbocharger turun suhunya setelah dilewati oli dan air pendingin.

Kipas Radiator Pakai Silikon


Pendingin udara atau AC, kini sudah menjadi perlengkapan standar pada mobil- mobil penumpang, bahkan truk jarak jauh pun dilengkapi dengan AC agar sang pengemudi tidak cepat capek, seiring dengan semakin panasnya udara di permukaan bumi ini.
Disatu sisi ada keinginan untuk menghemat bahan bakar minyak disisi lain diperlukan kesejukan dan kenyamanan berkendaraan. Nyaman dan hemat itu ternyata bertolak belakang. Nyaman mengkonsumsi bahan bakar lebih banyak. Hal inilah yang menjadi tantangan pabrikan mobil untuk merekayasa mobil agar bisa sejuk akan tetapi tetap hemat pemakaian bahan bakar.
Sebagai contoh, Kijang bermesin 1 800 cc. Bila diperhatikan mobil segede itu pemakaian bensin satu liter untuk 8 atau 9 km, mestinya cukup ekonomis bila dibandingkan dengan mobil tahun enam puluhan. Sama besar akan tetapi pemakaian bensinnya lebih boros.
Hal itu dimungkinkan oleh rekayasa- rekayasa pada mesin dan perlengkapannya. Seperti system klep dilengkapi dengan self adjuster valve (SAV), maka banyak kecanggihan kerja komputer telah dipasangkan pada mobil. Pada system klep yang menggunakan SAV, cela klep selalu sama dan tak perlu selalu menyetel ulang pada saat tune up mesin. Penyempurnaan pada saluran gas buang maupun saluran pemasukan bahan bakar, sehinggan tenaga mesin menjadi lebih efisen, sistem bahan bakar dilengkapi dengan EFI dsb.

Pada sistem pendinginan mesin, cara kerja kipas disempurnakan. Ketika mesin masih dingin kipas radiator tidak bekerja, akan tetapi bila mesin sudah panas kipas radiator akan berputar dengan sendirinya, hal itu bisa terjadi karena kipas dilengkapi dengan kopling yang didalamnya berisi caian silikon.

Sebaik apapun rekayasa tersebut ada pula yang tidak memenuhi semua keinginan pengguna mobil. Salah satunya yang dialami oleh Bapak Tawang Aryadi, pemakai Kijang SSX. Kijang kapsul pendek yang ia gunakan, bila digunakan keluar kota tidak bermasalah dengan kesejukan udara didalam ruangan mobil. Akan tetapi bila mobil dijalankan didalam kota dimana kipas radiator tidak bisa kencang berputar karena RPM mesin cenderung rendah, maka udara dalam mobil tidak sejuk.

Ketika berdiskusi dengan teknisi, diambil kesimpulan bahwa kipas angin tidak cukup optimal mendinginkan condensor cairan freon yang berada didepan radiator mobil. Condensor yang bentuknya seperti radiator itu panas sehingga kinerja AC menurun.
Untuk mengatasi hal itu maka kipas radiator Kijang, yang menggunakan cairan silikon sebagai kopling dimatikan. Caranya, cairan silikon diisi sampai penuh. Dengan cara ini kopling akan berputar lebih terus baik mesin dalam kondisi dingin maupun panas. Hasilnya Kijang SSX bisa lebih nyaman.

Cara lain untuk membuat condensor AC bekerja lebih optimal ialah dengan memberikan tambahan kipas elektrik atau, ada yang mengganti kipas yang jumlah daunnya lebih banyak. Ada pula yang bukan menambah silikon sampai penuh akan tetapi memasang baut yang lebih panjang sehingga daun kipas mengatu dengan as pompa air.

Mengubah cara kerja sebuah komponen, tentunya menghilangkan maksud semula. Kopling yang dimatikan dampaknya, pemakaian bahan bakar lebih banyak dan adanya suara berisik didepan mobil. Bagian yang diberi cairan silikon. Kalau mesin panas baru kipas berputar.

0 komentar:

Posting Komentar

Judulnya

Isi apa aja disini

Judulnya

Isi apa saja disini

Judulnya

Isi apa saja disini

Judulnya

Isi apa saja disini

Followers


Tambahkan Encode link blog anda disini